MASIGNALPHAS2101
6912188479656223598

MATERI MOTIVASI LKMM JMKI WILAYAH JOGJA

MATERI MOTIVASI LKMM JMKI WILAYAH JOGJA
Add Comments
Minggu, 29 Maret 2009

MATERI MOTIVASI LKMM JMKI WILAYAH JOGJA

Hidup Mahasiswa!!! Hidup Mahasiswa!!! Hidup Mahasiswa!!!

Sebelum kita menuju pada materi tentang motivasi organisasi. Alangkah baiknya mengenal dulu apakah organisasi itu? Berdasar dari suryantara.wordpress.com organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu pengaturan orang-orang yang sengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa pengaturan tersebut sudah kita ketahui terjadi di banyak bidang. Misal pada instansi sekolah, pemerintahan, kampus, bank. Semua dapat kita jumpai sehari-hari. Terdapat empat karakteristik utama dari sebuah organisasi, yaitu: tujuan, kumpulan orang, struktur, sistem dan prosedur.

Tujuan

Setiap organisasi harus memiliki tujuan. Tujuan dicerminkan oleh sasaran-sasaran yang dilakukan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Tiga bidang utama dalam tujuan organisasi yaitu profitability (keuntungan), growth (pertumbuhan), dan survive (bertahan hidup). Ketiganya harus berjalan berkesinambungan demi kemajuan organisasi.

Kumpulan Orang

Jelas, tidak mungkin jika organisasi hanya terdiri dari satu orang yang ingin mencapai tujuannya sendiri. Dari definisi dijelaskan bahwa organisasi setidaknya terdiri dari kumpulan orang, berarti minimal dua, yang memiliki tujuan bersama.

Struktur

Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya. Struktur dibentuk agar organisasi berjalan rapi, karena terdapat struktur komando, siapa yang berwenang dan siapa yang diberi wewenang.

Sistem dan Prosedur

Karakteristik yang terakhir ini menggambarkan bahwa sebuah organisasi diatur berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan bersama dan tentu saja harus dengan penuh komitmen dalam menjalankannya. Implementasi dari sistem dan prosedur ini ialah adanya ketetapan mengenai tata cara, sistem rekrut, dan birokrasi.

Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap eksistansi suatu organisasi. Organisasi cenderung memainkan peran menyesuaikan dengan keadaan lingkungan, entah itu demografi, ekonomi, politik, budaya, juga alam sekitar. Jadi, kemajuan organisasi harus selaras dengan perubahan lingkungan.

Dalam Al-Qur’an di surat As-Shaff (61) ayat 4 disebutkan yaitu “Sesungguhnya Alloh menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh “. Oleh karena itu, buat kamu-kamu yang masuk organisasi intrakampus maupun ekstra kampus berbahagialah karena kalian adalah orang-orang pilihan dari ribuan bahkan jutaan mahasiswa di kampus kalian yang poeduli dan mau berubah ke arah yang lebih baik.

Namun, saat kita mulai berbicara tentang organisasi maka juga pasti akan terjadi pasang surut yang dipengaruhi oleh anggota atau orang-orang yang ada di dalam organisasi tersebut. Motivasi akan sangat berperan dalam hal ini. Apakah motivasi itu? Menurut Reni Rosari dari FE UGM disebutkan bahwa “Motivasi berasal dari bahasa latin movere yang artinya bergerak atau to move. Jadi motivasi adalah suatu proses yang membangkitkan, mengarahkan dan mempertahankan perilaku manusia untuk mencapai beberapa tujuan”. Motivasi ini memang bukan yang utama tapi motivasi ini akan mempengaruhi arah perilaku, kekuatan respon dan persistensi perilaku.

Beberapa teori tentang motivasi yang saya ambil dari aaipoel.wordpress.com menyebutkan bahwa sebagian dari teori-teori paling lazim mengenai motivasi merujuk kepada kebutuhan sebagai kekuatan pendorong perilaku manusia. Namun yang akan saya bahas hanya hierarki kebutuhan Maslow.

Teori Hierarki

Maslow mengemukakan bahwa kebutuhan kita terdiri dari lima kategori :

1. fisiologis,

2. keselamatan atau keamanan,

3. rasa memiliki atau social,

4. penghargaan,

5. aktualisasi diri.

Jadi kalau kamu termasuk yang mana? Mana yang sesuai dengan motivasimu untuk masuk organisasi? Lalu bagaimanakah saat motivasi kita mulai turun. Ada beberapa tips yang biasa dipakai untuk motivasi diri sendiri dari kapanlagi.com tujuh cara untuk mendapatkan motivasi setiap hari:

1. Ciptakan Hasrat - Lihat imbalan dari usaha Anda secara jelas. Cara ini memberikan banyak motivasi untuk membuat rencana Anda cepat terwujud. Bayangkan rumah impian Anda setiap hari, dan ini akan memberikan Anda dorongan untuk menjadikannya nyata.

2. Ciptakan Rasa Sakit - Dalam program Neuro-Linguistic mereka mengajarkan pada Anda untuk menghubungkan rasa sakit dengan tidak melakukan tindakan. Gambaran kekasih Anda keluar dengan orang lain, saat Anda menyaksikan itu dengan diam-diam, hal itu mungkin membuat Anda termotivasi membicarakan hal-hal yang Anda hindari dengan pasangan Anda.

3. Bicarakan Rencana Anda - Bicaralah pada pasangan Anda tentang rencana Anda, atau tuliskan dalam selembar kertas apa yang akan Anda lakukan lalu tempelkan di kulkas.

4. Miliki Sebuah Ketertarikan yang Nyata - Jika tak ada ketertarikan sama sekali Anda mungkin perlu melakukan sesuatu, untuk itu buat sebuah tujuan besar dalam pikiran Anda.

5. Miliki Energi - Kafein akan memberikan rasa sehat untuk sesaat, tapi dalam satu atau lain cara, Anda membutuhkan energi lebih sebagai motivasi untuk setiap hari, misalnya dengan olah raga atau tidur cukup.

6. Ciptakan Keseimbangan Mental - Sangat sulit untuk menemukan motivasi jika Anda dalam keadaan tertekan. Hilangkan beberapa perasaan negatif Anda, atau pada akhirnya pilih kerjakan pekerjaan penting saat Anda dalam mood yang bagus.

7. Ambil Sebuah Langkah Kecil - Lakukan pengumpulan untuk satu tas besar daun-daun di halaman. Dan dengan segera Anda akan membersihkan halaman. Setiap sebuah langkah kecil yang Anda ambil untuk mencapi tujuan akan memberikan motivasi pada Anda setiap hari.

Sukses untuk anda.

Wassalamu’alaykum warohmatullohi wa barokatuh….

Sumber-sumber:

Alloh SWT sumber dari segala samudera ilmu

Aaipoel.wordpress.com

Suryantara.wordpress.com

Kapanlagi.com

Al-Qur’anul Karim

Eri Yanuar

aku orangnya humoriezztttt,lucu,baek hati,suka menabung tp kalo marah, aku diem aja soale bingung. kalo kamu lg baca profileku maka kamu termasuk orang yang beruntung karna aku bingung mo ngisi apa di profile gw jd asal TULIS aja eh KAMUnya baca. KASIAN DECH LOEEEEE.............