MASIGNALPHAS2101
6912188479656223598

Wisata Halal di Adelaide Australia

Wisata Halal di Adelaide Australia
Add Comments
Senin, 02 Desember 2019

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Halo apa kabar buat kamu pembaca blogku? Semoga selalu diberikan waktu luang dan kesehatan sehingga bisa selalu membaca blogku ini... Aamiin aamiin Ya Rabbal Alamin. Nah tulisanku kali ini adalah tentang "Wisata Halal di Adelaide Australia". Nah, tulisan ini juga menjadi syarat buat ikutan "Lomba Blog Cheria Holiday #9 2019: Menulis tentang Australia" Doain semoga hoki ya gaes hehehehe....

#Asal mula Adelaide

Oke kita kenalan yuk sama kota Adelaide. Jadi guys, Adelaide adalah ibu kota dan merupakan kota terbesar di negara bagian Australia Selatan (South Australia). Adelaide sendiri merupakan sebuah kota pesisir dan juga berda di Samudra Selatan. Jumlah penduduk Adelaide sendiri berjumlah sekitar 1.500.000 jiwa dan luas wilayah metropolitan Adelaide adalah 870 km². Populasi Adelaide adalah kota dengan populasi terbesar kelima di Australia. Adelaide terletak di Hamparan Adelaide, di sebelah utara Semenanjung Fleurieu, di antara Teluk St. Vincent dan Barisan Pegunungan Mount Lofty. Nama Adelaide berasal dari nama Ratu Adelaide, istri Raja William IV.

#Penerbangan ke Adelaide dari Indonesia

Perjalanan dari Indonesia ke Adelaide jika dari Denpasar sekitar 5-6 jam. Rute penerbangan populer dari Adelaide dari Indonesia adalah dari Denpasar Bali Ngurah Rai - Adelaide dan Jakarta Soekarno-Hatta Intl - Adelaide. Harga rata-rata penerbangan dari Indonesia ke Adelaide umumnya adalah berkisar AU$507. Rute yang paling populer untuk ke Adelaide adalah rute dengan flight Denpasar Bali Ngurah Rai - Adelaide.

#Objek Favorit 1: Pantai Glenelg

Tempat pertama yang harus kamu kunjungi saat ke Adelaide adalah pantai Glenelg dan yang khas di pantai ini adalah dermaga yang memanjang 381 meter ke laut. Selain itu, kamu bisa naik trem dari pusat kota untuk mencapai Glenelg atau dengan Adelaide Metro alias busnya kota Adelaide. Di area pantai Glenelg ini kamu juga bisa jalan-jalan di Jetty lalu jangan lupa buat mencoba Haigh’s Chocolate Store yaitu pabrik coklat terbaik di Adelaide dan tepat di pinggir pantai kamu bisa menikmati Fish and Chips dengan saus Mayo yang yang lezat (dan Halal karena digoreng dengan minyak nabati)

Dermaga Glenelg/sumber: CCSearch


Fish and Chips di Pantai Glenelg/sumber: Eri Yanuar Facebook

#Objek Favorit 2: Rundle Mall

Rundle Mall walaupun namanya mall tapi beda dengan mall yang ada di Indonesia. Rundle Mall adalah mall bagi pejalan kaki. Mall pejalan kaki ini menutup bagian Rundle Street antara King William Street dan Pulteney Street. Mal ini menjadi pusat dari pusat kota Adelaide. Mali ini juga memiliki sejumlah toko dan plaza yang berisi butik dan restoran kecil. Biasanya disini ada beberapa pengamen yang tampil dan harus mendapat ijin (lisensi) oleh Adelaide City Council. Disini ada icon yang terkenal yaitu Rundle Ball.

Suasana Rundle Mall Adelaide/Sumber:Instagram Eri Yanuar


Suasana Rundle Mall Adelaide/Sumber: Instagram Eri Yanuar

Pengamen di Rundle Mall Adelaide/Sumber: Instagram Eri Yanuar

#Objek Favorit 3: Adelaide Botanic Garden

Saat jalan-jalan ke luar negeri tentu tidak lengkap jika tidak jalan-jalan ke taman atau garden. Adelaide Botanic Garden ini adalah salah satu objek favorit untuk dikunjungi saat ke Adelaide. Adelaide Botanic Garden ini terletak di jantung kota Adelaide tetapi kamu bisa menjelajahi keindahan dan keanekaragaman tanaman dari seluruh Australia dan di seluruh dunia. Luas Adelaide Botanic Garden ini sekitar 50 hektar dengan taman yang terawat indah dan arsitektur yang memukau dengan koleksi tanaman terbaik Australia.

Adelaide Botanic Garden/Sumber: Instagram Eri Yanuar
Keindahan Adelaide Botanic Garden/Sumber: Instagram Eri Yanuar
Masih banyak obyek lain yang bisa kamu kunjungi di Adelaide seperti Mount Lofty, Adelaide Zoo, Henley Beach, Big Rocking Horse dan banyak obyek lain yang tidak bisa aku tuliskan satu per satu disini. Kamu juga bisa tahu lebih banyak soal kota Adelaide dari "Panduan untuk Adelaide"

#Wisata Halal di Adelaide

Nah, setelah jalan-jalan pasti kamu akan bertanya, bagaimana nih buat yang muslim kalau mau wisata halal di Australia (Adelaide)? Yuk, kita lihat beberapa aspek buat yang muslim yaitu: sholat, makanan dan komunitas muslim.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6287885217393&text=Assalamu%27alaikum.%20Saya%20tadi%20melihat%20paket%20tour%20Australia%20di%20cheria-travel.com.%20Saya%20ingin%20bertanya.%20Perkenalkan%20terlebih%20dulu,%20nama%20saya%C2%A0

#Sholat

Berislam bisa dimana saja termasuk di Adelaide, warga Adelaide cukup ramah dan mengerti serta terbuka dengan kemajemukan budaya yang ditunjukkan kepada para pendatang. Mereka menerima perbedaan, menjunjung prinsip tidak seorang pun boleh dirugikan hanya karena perbedaan tempat kelahiran, warisan budaya, bahasa, gender atau agama. Walaupun Adelaide terkenal sebagai Kota Seribu Gereja namun terdapat beberapa masjid di kota Adelaide ini misalnya di jalan Little Gilbert Street (di pusat kota) dan ada pula Marion Mosque di jalan Marion Road.

Masjid di Adelaide/Sumber: CCSearch

#Makanan

Mencari restaurant halal di Adelaide tidak terlalu sulit. Kamu bisa menemukan banyak makanan halal mulai dari masakan Indonesia salah satunya yang terkenal adalah Pondok Daun di Currie Street. Selain itu, jika ingin makanan halal yang lain ada masakan Malaysia salah satunya yang terkenal adalah Warong di area Rundle Mall, dan beberapa masakan Afghanistan. Selain itu, jika ingin berbelanja bisa ke central market Adelaide karena harganya lebih murah. Di Central Market ini banyak buah, daging, sayur-sayuran segar, mirip dengan pasar tradisional kita di Indonesia namun dalam format yang lebih rapi. Ada juga Asian Grocery atau bisa ke Indonesian Shop  yang terkenal yaitu Bakulan yang berlokasi di Goodwood Road yang menyediakan jajanan dan jualan Indonesia seperti tempe.

Bakulan Penjual Makanan Indonesia di Adelaide/Sumber: Picassa Jusuf Sukatendel

#Komunitas Muslim Indonesia di Adelaide

Ada beberapa organisasi komunitas muslim Indonesia di Adelaide seperti MIIAS dan KIA yang menjadi wadah bagi warga muslim Indonesia di Adelaide. MIIAS (Masyarakat Islam Indonesia Australia Selatan) sering mengadakan kegiatan dan juga acara meyambut bulan suci ramadhan dengan rangkaian acara jamuan makan dengan menu masakan daerah selain itu ada lomba seperti hafalan surah pendek, colouring, fashion show, dan lomba azan bagi anak-anak. KIA atau Kajian Islam Adelaide juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Islami di bulan Ramadhan salah satunya menggiatkan rebana untuk melantunkan shalawat.

Kegiatan Komunitas Muslim di Adelaide/Sumber: Facebook Dinar Ika Anitis
Nah itu tadi adalah beberapa "Wisata Halal di Adelaide Australia" plus bagaimana wisata Halal di Australia (Adelaide).

Jadi buat kamu, ayo rasakan pengalaman Wisata Halal di Australia bersama Cheria Travel.


Lomba Blog Cheria Holiday #9 2019




Eri Yanuar

aku orangnya humoriezztttt,lucu,baek hati,suka menabung tp kalo marah, aku diem aja soale bingung. kalo kamu lg baca profileku maka kamu termasuk orang yang beruntung karna aku bingung mo ngisi apa di profile gw jd asal TULIS aja eh KAMUnya baca. KASIAN DECH LOEEEEE.............