MASIGNALPHAS2101
6912188479656223598

Kenapa saya memilih Jokowi-JK?

Kenapa saya memilih Jokowi-JK?
Add Comments
Sabtu, 05 Juli 2014
Assalamualaikum. Wr. Wb

Pilpres kali ini cukup bagus dan cukup kompetitif sehingga membuat saya bingung untuk memilih yang mana, namun karena saya beragama Islam maka saya pilih yang sesuai dengan tuntunan agama saya, saya ambil dari link ini http://www.jadipintar.com/2014/01/Tatacara-dan-Kriteria-Memilih-Pemimpin-Menurut-Tuntunan-Islam.html

Dalam hal ini ada 12 kriteria yang harus dipenuhi dalam memilih pemimpin menurut tuntunan Islam yaitu:

1. Niat yang baik
Saya lihat kedua capres-cawapres pasti memiliki niat yang baik untuk menjadi presiden, memangnya ada capres yang nyalon presiden untuk menghancurkan negaranya? Wallohu A'lam saya khusnudzon saja bahwa kedua capres memiliki niat yang baik dalam hal ini.

2. Laki-laki
Kalau masalah ini kedua capres-cawapres juga sama-sama laki-laki sehingga tidak ada keraguan dalam hal ini.

3. Tidak meminta jabatan pemerintahan
Dalam masalah ini, saya melihat Jokowi-JK bukan seorang yang meminta jabatan pemerintahan, namun seseorang yang ditugaskan mendapat mandat untuk dicalonkan menduduki jabatan tersebut. Untuk Prabowo saya tidak akan komentar banyak tapi saat melihat Gerindra TV di Youtube, kampanyenya sudah ada sejak 2004 dan sempat membuat kontrak Batutulis walau akhirnya PDI-P (partai yang tidak pernah saya dukung) malah mendukung dan memandatkan Jokowi sebagai capres didampingi JK (saat banyak orang ingin menjadi cawapres Jokowi)

4. Berhukum dengan hukum yang diturunkan Alloh Ta'ala
Dalam hal ini, saya rasa keduanya tidak masuk kriteria ini karena negara Indonesia ini negara Pancasila, sehingga saya rasa disini kedudukannya sama.

5. Keputusan yang adil antara sesama manusia
Disini Jokowi-JK saya rasa lebih baik, karena Prabowo-Hatta saat ini berada dalam kasus yang cukup rumit dan pelik menurut saya (kasus Rasyid Rajasa, kasus HAM yang belum terjawab tuntas) sehingga saya rasa ada beberapa keputusan yang tidak adil antara sesama manusia. Disini saya hanya mengikuti media sehingga wallohu a'lam.....

6. Tidak Menutup Diri untuk Memenuhi Kebutuhan Rakyat
Disini saya melihat dukungan rakyat kecil kepada Jokowi-JK cukup besar, lalu saya melihat track record yang cukup bagus (entah orang menganggap ini pencitraan tapi saat lihat video di Youtube, rakyat memang bahagia saat beliau datang) bagaimana cara beliau merelokasi perumahan di pinggir danau, bagaimana cara beliau menata Solo (maklum honeymoon saya di Solo waktu itu) jadi saya melihat Jokowi-JK lebih baik dalam memenuhi kebutuhan rakyat.

7. Senantiasa menasihati rakyatnya dan tidak mengkhianati rakyatnya
Disinilah kelemahan Jokowi-JK bagi sebagian orang karena dianggap lengser sebelum waktunya sehingga dianggap tidak amanah. Namun bagi saya, pernah ada kejadian seperti itu di sebuah organisasi tempat saya bekerja dimana kepala saya harus naik jabatan yang lebih tinggi, namun untuk kebaikan juga, dan terbukti banyak hal yang lebih baik yang terjadi, dari info yang tidak pernah kita tahu, jadi bisa tahu.

Disini mungkin harapan saya besar, Jokowi-JK bisa memberikan kebaikan yang lebih besar pada bangsa Indonesia. Harapan itu akan selalu ada saat ada orang baik yang datang, walau rintangannya cukup berliku....

8. Tidak menerima hadiah
Disini kubu Jokowi-JK masih meragukan karena adanya sumbangan rakyat (kalau mau suudzon, ini bisa diselewengkan tapi kalau mau khusnudzon, sumbangan rakyat lebih baik daripada sumbangan partai yang lalu meminta kursi)

9. Penasihat dari kalangan orang baik
Disini saya melihat sosok Anies Baswedan, sosok Hasyim Muzadi, sosok Khofifah Indar Parawangsa, yang saya rasa cukup baik menjadi penasihat beliau walau tidak memungkiri adanya Musdah Mulia, Rieke Diah Pitaloka. Dukungan dari rakyat, seniman yang deras ke kubu Jokowi-JK menyebabkan saya yakin rakyat akan mendukung, apalagi melihat koalisi partai yang banyak di kubu Prabowo-Hatta akan menyebabkan kondisi bangsa ini seperti 5 tahun kemarin, dimana banyak partai berkoalisi untuk SBY sehinggga sampai membuat pemerintahan yang susah diduduki oleh ahlinya.

10. Bersikap ramah terhadap rakyat
Jujur saya belum pernah ketemu Jokowi-JK langsung namun saat melihat banyak video beliau di Youtube saya melihat adanya kedekatan antara beliau dan rakyat. Dari raut muka pun terlihat beliau lebih ramah, hangat terhadap rakyat. Beliau juga sering melontarkan joke-joke lucu saat pidato, namun tegas saat memberikan pidato tentang urusan rakyat.

11. Tidak merusak kepercayaan rakyat dengan meragukan kesetiaan mereka dan memata-matai mereka.
Hal ini yang saya rasa sulit dinilai walau ada himbauan untuk membawa recorder saat traweh untuk membuktikan jika ada kampanye hitam. Kadang hal ini yang sempat membuat saya bimbang, namun saat saya googling terutama isu kampanye hitam, saya yakin hal ini salah satu cara yang bisa dilakukan. Fitnah cina, fitnah keluarganya bukan muslim, fitnah bahwa capres boneka, fitnah lain yang mungkin saya sendiri tidak akan kuat menanggungnya, dan membayangkan fitnah itu menimpa keluarga saya. Naudzubillahi min dzalik....

12. Jujur dalam Menjalankan Semua Urusan yang Berkaitan dengan Kaum Muslimin.
Hendaknya seorang pemimpin membantu Ahlus Sunnah dan orang baik, membasmi ahli bid'ah dan pembuat kerusakan, mengibarkan panji 'amar ma'ruf nahi munkar dan jihad fi sabilillah, serta berusaha dengan sekuat tenaga untuk menjaga kehormatan, agama, harta kaum Muslimin, dan sebagainya. (disini saya masih ragu karena adanya Musdah Mulia, kalau isu syariat Islam, saya yakin kedua calon tidak akan bisa mengubah Pancasila begitu saja)

Demikian juga ia berkesinambungan mengevaluasi semua pejabat dan pegawainya, memperhatikan bagaimana cara mereka menjalankan tugas, menyelesaikan berbagai problema masyarakat, walaupun dengan membentuk tim khusus, misalnya, demi kemaslahatan, karena sesungguhnya ia akan mempertanggung-jawabkan semua bawahannya d hadapan  Allah Ta'ala, sebagaimana yang telah dilakukan Nabi saw. dan para khalifah setelah beliau. (disini saya lihat kubu Jokowi-JK terutama pak Jokowi melakukannya dengan sidak (yang saya lihat bukan pencitraan) karena banyak wartawan di Kompasiana yang sudah melaporkan beratnya blusukan beliau)


Dari 12 hal inilah saya mantap mendukung Jokowi-JK. Inilah sikap politik saya, saya yakin ada yang setuju atau ada yang tidak setuju, namun inilah sikap politik saya. Saya hanya bisa  menitipkan doa dan harapan, jika salah, saya masih manusia biasa, jika menang, semoga beliau bisa amanah. Saya tidak berharap banyak pada Jokowi-JK, saya hanya ingin pemerintahan yang lebih baik ke depan selama 5 tahun. Hanya kepada Alloh-lah seharusnya kita bergantung bukan kepada Jokowi atau Prabowo.

Salam Dua Jari (",)v

Wassalamualaikum.



Adelaide, 5 Juli 2014

*semoga saya tidak melakukan kampanye hitam pada tulisan ini...


Referensi:
 - http://www.jadipintar.com/2014/01/Tatacara-dan-Kriteria-Memilih-Pemimpin-Menurut-Tuntunan-Islam.html

- http://indonesiasatu.kompas.com/read/2014/05/23/1833256/Ini.Tim.Sukses.Pemenangan.Jokowi-JK.di.Pilpres

- Youtube

- Google

- Media internet





Eri Yanuar

aku orangnya humoriezztttt,lucu,baek hati,suka menabung tp kalo marah, aku diem aja soale bingung. kalo kamu lg baca profileku maka kamu termasuk orang yang beruntung karna aku bingung mo ngisi apa di profile gw jd asal TULIS aja eh KAMUnya baca. KASIAN DECH LOEEEEE.............